Catatan Ringan

Cara Membuat si Kecil Semangat Masuk Sekolah Setelah Libur

Sering tidak terasa liburan sekolah sudah akan berakhir. Waktunya anak anak harus bersiap kembali lagi ke rutinitas semula yaitu masuk sekolah. Pada beberapa anak, kembali ke rutinitas normal merupakan hal yang sulit sehingga biasanya mereka enggan kembali masuk sekolah. Pada beberapa anak yang lain, mereka mengalami kecemasan menghadapi minggu-minggu pertama bahkan bulan pertama sekolah, atau setiap kali tahun ajaran baru dimulai. Oleh karena itu, berikut beberapa saran yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak bersemangat kembali menjalankan rutinitas sekolah :

  1. Seminggu sebelum sekolah, kembali lakukan rutinitas normal anak. Misalnya, mengajak anak tidur lebih awal, bangun di pagi hari, mandi dan berpakaian (walaupun tidak akan pergi kemana-mana) atau rutinitas lain yang dilakukan saat anak akan ke sekolah.
  2. Orang tua dan anak dapat membuat list dan mengingat kembali langkah-langkah apa saja yang harus anak lakukan sebelum sekolah. Setelah itu, orang tua dan anak dapat bersama-sama bermain peran mengenai persiapan sebelum berangkat sekolah ataupun kegiatan yang dilakukan saat berada di sekolah. Kegiatan bermain peran ini dapat dilakukan sehari dua kali sehingga anak dapat lebih mudah menyesuaikan diri dengan situasi nyata.
  3. Beritahukan anak perilaku apa saja yang diharapkan muncul ketika ia berada di sekolah, seperti perilaku apa saja yang diharapkan dapat anak lakukan ketika belajar, istirahat, dan lain sebagainya.
  4. Jika memungkinkan, sebelum masuk sekolah orang tua dapat mengajak anak untuk berkunjung ke sekolah atau area sekitar sekolah, misalnya dengan berjalan-jalan melewati sekolah, berkeliling di dalam sekolah, masuk ke dalam kelas, dan bertemu guru.
  5. Saat masuk sekolah, biarkan anak membawa mainan kesukaannya, foto, atau barang di rumah yang ia senangi.
  6. Ketika mengantarkan anak masuk sekolah, ajaklah anak untuk langsung bertemu dengan guru kelasnya atau guru yang dekat dengannya sehingga ia bisa dengan mudah langsung menyesuaikan diri dan tidak menghiraukan atau mengamuk jika ditinggal oleh orang tua. Berikan ciuman kepada anak dan tinggalkan anak saat ia sudah bersama dengan guru.
  7. Jika anak menangis, maka orang tua dapat menemaninya di dalam kelas dalam waktu yang singkat namun sebelumnya orang tua wajib meminta izin kepada guru maupun teman sekelas anak yang lain.
  8. Ketika waktu pulang sekolah, maka jemputlah anak tepat waktu.

Setidaknya itulah beberapa tips yang dapat dicoba, semoga bermanfaat!

1.245 Komentar