Berita Pendidikan

Kini Guru Bisa Dapatkan Sertifikat Pendidik Dengan Mudah

Ada kabar gembira untuk para guru yang belum mendapatkan sertifikat pendidik di tahun 2023, pasalnya pada tahun ini para guru akan dimudahkan oleh Kemendikbud untuk mendapatkan sertifikasi.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh para guru ketika sudah mendapatkan sertifikasi salah satunya yaitu mendapatkan tunjangan dari Kemendikbud bahkan sampai dengan pensiun.

Tunjangan yang akan didapatkan yaitu tunjangan profesi, tunjangan ini merupakan bentuk penghargaan atas jasa guru di dalam memberikan pendidikan kepada bangsa Indonesia.

Maka dari itu, banyak para guru di Indonesia yang sangat ingin mendapatkan sertifikat pendidik dari Kemendikbud ini. Akan tetapi dalam memperoleh serdik para guru harus melewati proses pendidikan yang bernama PPG dalam jabatan.

Serdik atau sertifikat pendidik merupakan syarat utama untuk para guru dalam mendapatkan tunjangan sertifikasi. Dengan mengikuti program Pendidikan Profesi Guru, maka para guru akan bisa mendapatkan sertifikat pendidik yang merupakan tanda sebagai pendidik profesional.

Namun ada kabar baik, bahwa para guru pada tahun 2023 tidak perlu mengikuti PPG dalam jabatan berdasarkan regulasi yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud sendiri telah mengatur mengenai skema baru tentang bagaimana cara guru mendapatkan sertifikasi tanpa harus susah-susah untuk mengikuti program PPG dalam jabatan.

Jadi para guru jika ingin memperoleh sertifikasi pada tahun ini tidak perlu lagi untuk mengikuti PPG dalam jabatan yang proses pendidikannya sangat panjang.

Selain itu sebagaimana yang telah diketahui, kuota PPG juga sangat terbatas sehingga untuk mengikuti PPG harus mengantre terlebih dahulu sampai bertahun-tahun bahkan puluhan tahun lamanya.

Hal itu sesuai dengan regulasi yang ada di dalam Permendikbud Ristek No 54 Tahun 2022 yang mengatur tentang cara baru guru memperoleh sertifikat pendidik.

Pada regulasi tersebut telah dijelaskan bahwa para guru tidak perlu lagi untuk mengikuti yang namanya pendidikan SKS PPG dalam jabatan, praktik mengajar lapangan sampai dengan mengikuti yang namanya ujian komprehensif.

Banyak sekali persyaratan yang dihilangkan oleh Kemendikbud, jadi para guru akan dimudahkan dan dipercepat dalam mendapatkan serdik.

Lalu apa saja yang haru dipersiapkan oleh para guru untuk mendapatkan sertifikasi ini? Mudah saja caranya, guru hanya perlu untuk mempersiapkan dual hal untuk bisa sertifikasi yaitu sebagai berikut:

  • Para guru harus melaporkan setiap tugas yang telah dibuat ketika sedang mengikuti pendidikan guru penggerak
  • Guru hanya perlu mengikuti ujian kompetensi berupa ujian pengetahuan

Itu tadi merupakan dua hal yang harus dilakukan oleh para guru sehingga nantinya akan dipermudah dan dipercepat oleh Kemendikbud dalam mendapatkan sertifikasi. Tapi perlu untuk diingat, bahwa kedua hal yang ada diatas hanya berlaku untuk guru yang sudah lulus di dalam program guru penggerak.

Jadi para guru yang ingin memperoleh dua kemudahan seperti yang telah disebutkan dan tidak ingin mengikuti program PPG, maka segera ikuti program guru penggerak dari Kemendikbud.

Program guru penggerak sendiri dalam pelaksanaan pelatihannya dilakukan secara daring, lokakarya, konferensi, sampai dengan pendampingan intensif selama 6 bulan. Meskipun mengikuti pelatihan, namun guru masih tetap dapat menjalankan tugas mengajarnya sebagai seorang guru di instansi pendidikannya.

Dengan banyaknya lulusan guru penggerak, maka kesempatan untuk para guru memperoleh sertifikat pendidik akan jauh lebih mudah dan cepat. (naikpangkat)

110 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.