Catatan Ringan

Guru Wajib Tahu! Manfaat dan Cara Mengasah Skill Menulis Bagi Guru

Guru dan menulis adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Skill menulis bagi guru sangat penting agar guru mampu menulis bahan ajar atau mendeskripsikan siswa dalam raport narasi. Saat ini kemampuan menulis guru bahkan dapat dijadikan sebagai karir protean yang dapat mendatangkan keuntungan salah satunya adalah uang.

Manfaat Skill Menulis Bagi Guru

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh guru dalam menulis antaralain sebagai berikut :

1. Mendokumentasikan Pengalaman, Kegiatan, dan Lain Sebagainya.

Setiap pengalaman, cerita saat mengajar akan sayang sekali jika berlalu begitu saja. Siapa tahu di kemudian hari Anda memerlukan segala informasi yang ada. Dengan dokumentasi berupa tulisan, Anda selalu dapat membuka kembali dan melakukan perbaikan-perbaikan pada hal yang telah dilakukan jika diperlukan.

2. Bahan Refleksi

Tidak ada manusia yang sempurna. Begitu juga seorang guru. Tulisan yang Anda buat dapat dijadikan alat untuk melakukan refleksi. Hasil dari refleksi dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menjadi guru yang lebih baik lagi.

3. Personal Branding

Daripada tulisan tersimpan rapi di dalam lemari, Anda dapat memanfaatkannya sebagai alat untuk melakukan personal branding. Dengan demikian orang akan memiliki pandangan khusus terhadap Anda dan dapat membuka kesempatan-kesempatan baru.

4. Aktualisasi Diri

Guru juga membutuhkan ruang untuk aktualisasi diri. Tidak perlu bingung mencari panggung. Dengan menulis pun Guru Pintar akan dapat mengetahui potensi apa yang sebenarnya terpendam dalam diri Anda. Misalnya menulis novel, artikel, motivasi, dan lain sebagainya. 

5. Stress Release

Daripada menyalurkan emosi dengan cara yang kurang elok, tuliskanlah. Dalam bentuk apa? Apapun! Bisa menulis dalam bentuk diary, atau tulisan-tulisan yang dapat juga dibaca oleh orang lain. Meskipun boleh menumpahkan emosi dalam bentuk tulisan, bukan berarti Anda dapat menulis secara sembarangan. Tetap pertimbangkan diksi yang baik, kesopanan, dan nilai-nilai moral dalam tulisan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengasah kemampuan atai skill menulis, antara lain sebagai berikut : 

1. Banyak Membaca

Kemampuan menulis dan membaca sangat berkaitan erat. Dengan banyak membaca, Anda dapat memperkaya kosakata dan juga mendapatkan ide-ide brilian untuk dituliskan. Jadi, sebelum menjadi penulis yang baik, Anda harus menjadi pembaca yang baik.

2. Banyak Berlatih

Menulis itu seperti naik sepeda. Semakin sering dilakukan, semakin mahir keterampilan menulis Anda. Latihan menulis seperti apa yang dapat Anda lakukan? Tulislah apa saja yang terlintas dalam benak Anda. Jika Anda suka puisi, cobalah buat puisi sesuai kemampuan. Jangan hiraukan tanda baca, typo, atau bagus atau tidak. Yang penting tulis! Begitupun jika ingin menulis dalam genre lainnya. Lakukan hal yang sama. Urusan editing, itu dapat dilakukan di kemudian hari.

3. Sediakan Waktu Khusus Untuk Menulis

Konsistensi sangat diperlukan untuk berlatih menulis. Tidak perlu waktu lama, misalnya setengah jam atau satu jam sehari saja. Kebiasaan menulis setiap hari akan membuat Anda dapat mengasah keterampilan menulis dan juga menghasilkan tulisan yang bagus.

4. Mengikuti Pelatihan Menulis

Jika ingin lebih maksimal dalam mengasah skill menulis, Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan menulis yang saat ini sangat mudah ditemui. Anda tinggal memilih untuk mengikuti yang gratis ataupun yang berbayar. Semuanya akan menambah pengetahuan Anda dalam menajamkan keterampilan merangkai kata sehingga menjadi tulisan yang bermakna.

5. Mengikuti Komunitas Menulis

Tips menulis kreatif juga dapat Anda dapatkan dalam komunitas-komunitas menulis yang kini menjamur baik secara online maupun offline. Bergabung dalam komunitas menulis artinya Anda berkumpul dengan orang yang memiliki passion yang sama. Hal ini akan sangat memotivasi Anda untuk terus menulis.

Satu hal yang tidak kalah penting yaitu yakin terhadap diri sendiri dan menulislah!

159 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.